Subscribe RSS

Time is money begitu pepatah yang sering kita dengar yang menunjukkan begitu berharganya sang waktu. Dan pepatah ini membuat kita berorientasi pada materi. Segalanya diukur berdasarkan uang.
Semalam, sebuah buku karya Awie Wang menggugah dan menyadarkan saya tentang konsep waktu… Sebagai pendahuluan. konsep investasi waktu, saya sarikan dalam buku tersebut :

“Setiap orang di dunia ini mempunyai waktu yang sama yaitu sehari 24 jam, tetapi terlalu banyak yang harus dilakukan sehingga memiliki keterbatasan-keterbatasan tertentu. Ini merupakan tantangan bagi kita untuk menggunakan waktu 24 jam sehari yang diberikan kepada kita semua secara efektif…
Waktu sangatlah penting bagi setiap orang didunia ini yang sedang menyiapkan masa depannya, untuk mewujudkan impiannya ataupun mencapai visi yang diinginkannya. Segala sesuatu yang kita lakukan sekarang akan menentukan bagaimana kita nantinya. Dengan kata lain setiap keadaaan atau setiap kondisi tidak terjadi secara sengaja, tetapi berkaitan dengan situasi kondisi atau keadaan kita yang sebelumnya. Kondisi kita yang buruk sekarang, ada kaitannya dengan situasi kondisi atau keadaan kita sebelumnya. Kondisi kita yang baik juga ada kaitannya dengan persiapan yang kita buat masa lalu, seperti kata pepatah : ‘ Apa yang Anda tabur, itulah yang anda tuai’.
Waktu kecil, kita menginvestasikan waktu untuk belajar, walaupun terkadang kita merasa bosan untuk belajar, tetapi hasilnya adalah sekarang kita dapat menghitung dan membaca. Hasil yang kita dapatkan bersifat kekal, akan terbawa sampai waktu  kita berhenti.
Cobalah kita renungkan, apa yang membedakan antara orang itu bisa lebih sukses bahkan lebih “kaya” dibandingkan kita tidak, padahal waktu yang diberikan sama yaitu 24 jam sehari ? Ada satu penyebab, yaitu investasi waktu.
Orang-orang sukses menginvestasikan waktunya untuk menciptakan sebuah karya dalam hidup mereka, yang bukan hanya berguna bagi diri mereka sendiri, tetapi juga untuk orang lain bahkan untuk generasi mendatang.
Oleh sebab itu, investasikanlah waktu untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat yang bertujuan untuk mencapai impian yang kita inginkan di masa depan.”

Category: | 0 Comments

0 comments to “Investasi Waktu”