Subscribe RSS


Di Burundi dan Tanzania, para penderita Albino di buru untuk dibunuh dan dimutilasi kemudian dijual bagian tubuhnya ke dukun lokal. Mengapa mereka melakukan demikian ? Karena penduduk di sana percaya bahwa bagian tubuh tersebut mempunyai kekuatan khusus.
Dalam Upacara adat kirab satu Suro di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Jumat dini hari (18/12/2009), mewarnai pergantian tahun baru Islam 1431 Hijriyah di Kota Solo, Jawa Tengah, warga berebut kotoran kerbau (kerbau bule keturunan Kyai Slamet, kerbau yang dikeramatkan oleh kalangan Keraton Surakarta dan rakyatnya) yang dikirab. Mengapa mereka melakukan demikian ? karena warga percaya bahwa kotoran kerbau tersebut membawa berkah bagi mereka.
Satu hal persamaan dari dua kejadian nyata tersebut, yaitu perbuatan tersebut didorong oleh suatu kepercayaan atau keyakinan atau aqidah (menurut istilah dalam islam). Kepercayaan atau keyakinan akan melahirkan perbuatan. Keyakinan yang baik akan melahirkan perbuatan yang baik. Sebaliknya, kepercayaan yang buruk akan melahirkan perbuatan yang buruk pula. Ya, cukuplah dengan keyakinan untuk menilai mengapa seseorang itu melakukan perbuatan baik atau buruk. Apabila seorang istri/suami, anak, teman, atasan melakukan sesuatu perbuatan baik atau buruk, maka jangan tanya apa latar belakang perbuatan itu dilakukan, tapi tanyalah keyakinanannya mengapa perbuatan itu dilakukan.

0 comments to “Semuanya bermuara dari keyakinan”